Blog informasi teknologi seputar smartphone, komputer dan elektronik update dan trending di google

Jumat, 20 Januari 2023

Teknologi Sebagai Media Pembelajaran

 Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Guru dan Murid - Dengan berkembangnya teknologi modern saat ini selain sebagai alat untuk melakukan kegiatan sehari-hari, teknologi elektronik dan digital juga berperan penting dalam dunia pendidikan. Selain untuk mempermudah, penggunaan teknologi juga menjadi daya tarik agar murid dan guru tidak bosan dengan metode pembelajaran yang konfensional.


Lalu, dengan berkembangnya teknologi saat ini metode apa yang akan anda gunakan sebagai alat pembelajaran murid?


Jawabannya adalah dengan menggunakan teknologi informasi seperti handphone dan tablet atau komputer berbasis digital dan internet. Penggunaan metode seperti ini dianggap lebih efisien dan menarik karena selain bisa menggunakan tulisan, kita juga bisa memberikan penjelasan tentang mata pelajaran dengan menggunakan audio dan visual.


Selain itu kita juga bisa menggunakan teknologi digital untuk mempermudah seperti dengan membuat ilustrasi dan animasi yang unik dan menarik. Sehingga diharapkan para murid lebih mudah memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru. Karena pada masa sekarang ini anak-anak sering bermain gadget ketika dirumah. Diharapkan jika dilakukan pembelajaran menggunakan HP mampu mengurangi kebiasaan anak bermain gadget untuk hal-hal yang tidak penting seperti bermain game online.


Kemudian pelajaran yang sudah diubah dalam bentuk digital tersebut juga bisa diakses kapanpun mereka inginkan. Sehingga pada waktu luang, mereka bisa mengerjakan tugas atau mempelajari bidang studi yang telah dikirimkan melalui WA atau aplikasi lainnya.


Pihak sekolah pun sebaiknya menyiapkan sarana penunjang seperti website resmi atau aplikasi resmi untuk mengakses tugas atau pelajaran dalam situs atau aplikasi tersebut. Dan sebagai orang tua juga sebaiknya mengetahui agar bisa mengontrol dan mengawasi anak-anaknya ketika dirumah untuk tetap belajar meski menggunakan gadget. Sehingga anak memiliki semangat belajar dan tidak merasa bosan jika harus membaca buku biasa. 


Karena jika terlalu banyak buku tentu anak-anak akan sedikit malas dan merasa bosan karena disekolah mereka sudah terbiasa dengan buku pelajaran yang membuat sebagian anak yang malas membaca pasti akan segan untuk membuka kembali buku pelajarannya. Hal semacam itu bisa diakali dengan menggunakan video pembelajaran yang interaktif dengan menambahkan ilustrasi dan animasi agar menarik minat belajar sang anak.


Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini membuat video pun pasti lebih mudah. Namun bagian tersulitnya adalah editing video karena memerlukan pembuatan bahan-bahan ilustrasi dan animasinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar