Blog informasi teknologi seputar smartphone, komputer dan elektronik update dan trending di google

Sabtu, 25 Mei 2019

Ciri-ciri Hardisk Rusak


Salah satu komponen terpenting didalam sebuah komputer adalah Hardisk. Karena hardisk adalah tempat untuk menyimpan data dan file seperti sistem operasi dan juga file penting lainnya. Seperti halnya peralatan elektronik lainnya, hardisk juga bisa mengalami kerusakan atau bisa juga mengalami bad sector.

ciri-ciri hardisk rusak | jikintech.blogspot.com

Jika hardisk mengalami kerusakan maka akan mengganggu kerja komputer dan bisa juga komputer tersebut tidak bisa digunakan karena gagal booting. Untuk itu perlu adanya sedikit pengetahuan tentang apa saja Ciri-ciri Hardisk Rusak.

Karena dengan mengetahui ciri-ciri tersebut maka kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan atau antisipasi guna mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah lagi terhadap hardisk komputer kita. Berikut ini adalah ciri-ciri hardisk yang rusak. Mari kita kenali satu per satu.

Tanda-tanda yang umum terjadi dan dialami oleh para user jika hardisknya mengalami kerusakan yaitu :

1. Komputer Menjadi Lambat


ciri-ciri hardisk rusak | jikintech.blogspot.com

Apabila hardisk anda mengalami kerusakan, biasanya proses-proses komputer nantinya akan terasa lebih lambat dari sebelumnya. Jika hal ini terjadi sebaiknya kita segera melakukan pengecekan terhadap hardisk kita. Pengecekan ini bertujuan sebagai bentuk antisipasi sebelum terjadi hal-hal yang merugikan seperti misalnya komputer hang atau sering restart dan juga kehilangan data-data penting lainnya.

Meskipun kejadian seperti ini bisa juga disebabkan oleh faktor yang lain, namun kebanyakan adalah dari hardisk yang bisa saja sudah full atau mengalami bad sector. Atau bisa juga karena ada virus yang secara tidak sengaja tersimpan didalam hardisk kita.

2. Suara Aneh Dari Hardisk


ciri-ciri hardisk rusak | jikintech.blogspot.com

Hardisk itu sebenarnya adalah komponen elektronik yang juga memiliki sistem mekanik didalamnya. Karena didalam hardisk terdapat sebuah piringan atau plate berbentuk seperti kepingan CD. Kepingan atau plate inilah yang berputar sebagai sistem mekanis agar hardisk dapat bekerja untuk menyimpan data-data.

Jika hardisk mengalami kerusakan biasanya akan terdengar suara aneh dari dalam hardisk. Suara yang ditimbulkan biasanya berbunyi " kretek-kretek " atau yang lainnya secara terus menerus dan terdengar agak keras.

Jika hal ini terjadi pada hardisk anda maka sebaiknya segera lakukan pengecekan terhadap hardisk atau bisa juga berkonsultasi dengan ahlinya.

3. Kerusakan File/Data


ciri-ciri hardisk rusak | jikintech.blogspot.com

Ciri-ciri hardisk yang mengalami kerusakan lainnya yaitu terjadinya kerusakan file atau data yang tersimpan pada hardisk. Ciri-ciri seperti ini memang sudah umum terjadi jika ada masalah dari hardisk yang sudah rusak.

Jika hal ini terjadi maka kita tidak dapat membuka file atau menjalankan program yang ingin kita buka karena file corrupt atau rusak. Kalau sudah begini ya sudah mau bagaimana lagi data yang tersimpan tidak bisa dibuka atau dijalankan. Maka dari itu perlu adanya tindakan untuk memback-up data-data yang sekiranya penting. Anda bisa memilih alternatif untuk backup data penting anda kedalam flashdisk atau hardisk eksternal untuk menghindari kehilangan data penting.

4. Hasil Cek Software Terindikasi Tidak Sehat


ciri-ciri hardisk rusak | jikintech.blogspot.com

Untuk mengetahui apakah hardisk yang kita pakai tersebut mengalami kerusakan atau tidak, kita dapat mengetahuinya dengan cara melakukan pengecekan hardisk menggunakan aplikasi atau software. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk memonitor kesehatan hardisk secara berkala agar apabila terjadi kerusakan hardisk maka bisa diketahui segera.

Pengecekan kesehatan hardisk secara berkala sebenarnya wajib kita lakukan. Akan tetapi karena mungkin kita malas melakukan hal tersebut maka apabila terjadi kerusakan kita tidak dapat mengetahuinya secara cepat. Sehingga lambat laun kerusakan yang tadinya kecil bisa berubah menjadi lebih besar.

Dengan menggunakan software untuk mengecek kondisi kesehatan hardisk ini maka dapat meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah karena dapat segera diketahui. Aplikasi atau sofware yang biasa digunakan untuk mengecek kesehatan hardisk bisa anda lihat atau searching di google. Namun anda juga bisa menggunakan aplikasi rekomendasi seperti Acronis Drive Monitor.

Dengan aplikasi ini apabila nantinya hardisk kamu terindikasi mengalami kerusakan atau dalam kondisi yang tidak sehat 100%, maka anda akan diberi tahu oleh software ini. Sehingga lebih praktis dari pada harus setiap hari membuka aplikasi atau sofware untuk mngecek kesehatan hardisk.

5. Bluescreen atau Gagal Booting


ciri-ciri hardisk rusak | jikintech.blogspot.com

Tanda lain yang bisa terjadi jika hardisk tidak sehat atau rusak adalah komputer mengalami bluescreen atau bisa juga gagal booting dan yang ada malah restart berulang-ulang. Masalah seperti ini bisa juga terjadi karena hardisk rusak, meskipun tidak 100% disebabkan oleh hardisk. Karena biasanya bluescreen atau gagal booting bisa terjadi karena VGA bermasalah atau setting BIOS yang tidak benar.

Namun fenomena bluescreen dan tidak mau booting ini juga bisa dijadikan patokan untuk mengetahui seperti apa kondisi hardisk yang dipakai. Apakah masih sehat atau sudah mengalami kerusakan. Bluescreen juga bisa diatasi dengan cara instal ulang komputer. Dan apabila masih tetap seperti itu walaupun sudah instal ulang dan setting BIOS, maka periksa kondisi hardisk kalian.

Itulah beberapa kondisi yang sering terjadi bila hardisk komputer tidak sehat atau mengalami kerusakan. Kalau dari pengalaman saya pribadi, yang sudah terjadi adalah terdengar suara aneh dari hardisk dan juga gagal booting yang menyebabkan komputer saya mengalami restart berulang-ulang.

Baca Juga

1 komentar:

  1. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai tips hardisknya

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang ciri-ciri hardisk rusak
    https://bangamingadget.com/ciri-ciri-hardisk-rusak/

    terima kasih


    BalasHapus